Apa yang dimaksud dengan menghardik anak yatim, Jelaskan !

Apa yang dimaksud dengan menghardik anak yatim, Jelaskan ! begini maksud menghardik anak yatim dalam surat Al Maun ayat ke 2.

Di dalam surat Al Maun diterangkan mengenai orang yang mendustakan agama, salah satu cirinya adalah menghardik anak yatim.

Hardik artinya berakata keras / kasar, seperti membentak, atau mengata-ngatai yang menyakitkan hati. Sedangkan anak yatim adalah anak yang tidak beribu atau tidak berayah karena meninggal dunia.

Apa yang dimaksud dengan menghardik anak yatim, Jelaskan !

Jawab:

Yang dimaksud dengan menghardik anak yatim adalah membentak, berakata keras / kasar, mengata-ngatai yang menyakitkan hati, atau menyakiti fisik maupun perasaannya. Misalnya seperti mengatakan kepada mereka “Hei anak yatim”, atau meledek dengan menanya dimana orangtuanya padahal sudah tahu telah meninggal, dll.

BACA JUGA:   Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip?