Berikut yang termasuk dalam motif ekonomi bagi pengusaha ialah

Motif ekonomi bagi pengusaha adalah (B) mencari laba sebanyak-banyaknya.

Pilihan (A), (C), dan (D) salah karena:

  • Pilihan (A): semakin tinggi biaya produksi pada suatu perusahaan maka keuntungan yang didapatkan akan semakin sedikit.
  • Pilihan (C): penerimaan pegawai harus disesuaikan dengan kebutuhan, apabila jumlah pegawai terlalu banyak maka tidak efektif dan malah akan mengeluarkan biaya lebih untuk memberikan gaji kepada pegawai tersebut.
  • Pilihan (D): jumlah produksi barang dari suatu perusahaan harus disesuaikan, apabila jumlah produksi jauh melebihi permintaan konsumen maka bisa menyebabkan kerugian karena masa hidup suatu produk karena tidak terjual. Namun, memproduksi barang dengan jumlah besar memang bisa memperkecil biaya produksi namun bukan menjadi motif ekonomi dari perusahaan.

 

Pembahasan

Motif ekonomi adalah alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ataupun untuk mencapai kesejahteraan. Motif ekonomi ini bisa berasal dari dalam diri sendiri atau disebut dengan motif intrinsik. Adapun motif ekonomi yang berasal dari orang lain ataupun dari lingkungan yang disebut dengan motif ekstrinsik. Motif ekonomi ini bisa mendorong seorang manusia ataupun bisa mendorong sebuah perusahaan. Motif ekonomi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau organisasi adalah:

A. Produksi Barang

Upaya perusahaan untuk menciptakan barang atau jasa yang memiliki harga yang murah namun dengan kualitas yang baik. Hal ini dilakukan agar produk dari perusahaan bisa diterima oleh masyarakat dan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk tersebut. Selain itu, produk yang diproduksi oleh perusahaan juga harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga bisa meningkatkan daya tarik dari produk tersebut.

BACA JUGA:   Apa nama ibu kota negara Kamboja adalah?

B. Mencari Keuntungan

Motif ekonomi yang paling utama dari perusahaan adalah mencari keuntungan yang akan digunakan untuk memperpanjang daur hidup perusahaan. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar bisa meningkatkan keuntungan:

  • Penetapan harga produk: harga dari sebuah produk merupakan salah satu faktor paling penting yang menentukan apakah suatu produk akan bisa menarik bagi konsumen. Maka dari itu, perusahaan harus bisa menetapkan harga yang bisa diterima oleh konsumen dan juga masih bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan.
  • Mengurangi pengeluaran: pengeluaran pada perusahaan harus diperhitungkan dengan baik agar menjadi pengeluaran yang efektif. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi pengeluaran adalah evaluasi jumlah tenaga kerja agar jumlah tenaga kerja bisa sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Pemasaran: salah satu cara utama agar produk dari suatu perusahaan bisa dikenal oleh masyarakat adalah dengan melakukan pemasaran. Perusahaan harus bisa memilih cara pemasaran yang tepat untuk produknya agar produk bisa dikenal oleh masyarakat, entah menggunakan brosur, poster, ataupun menggunakan sosial media.