Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut

Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu adalah nada. Contoh bunyi nada adalah bunyi yang dihasilkan alat – alat musik.

 

Pembahasan

 

NADA, DESAH DAN DENTUM

 

Bunyi adalah gelombang longitudinal yang terjadi akibat getaran benda.

Bunyi dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Nada

Nada atau bunyi teratur adalah bunyi yang memiliki jumlah getaran yang sama di setiap selang waktu yang sama. Artinya, bunyi yang memiliki frekuensi yang tetap.

Contohnya bunyi yang dihasilkan alat musik.

Nada memiliki perbandingan frekuensi seperti

do = c = 24

re = d = 27

mi = e = 30

fa = f = 32

sol = g = 36

la = a = 40

si = b = 45

do tinggi = c’ = 48

Semakin kecil frekuensi maka nada semakin rendah.

Semakin besar frekuensi maka nada semakin tinggi.

2. Desah

Desah atau bunyi tak teratur adalah bunyi yang frekuensi yang tidak teratur.

Contohnya bunyi gemerisik daun yang tertiup angin dan bunyi gemuruh ombak di pantai.

3. Dentum

Dentum adalah bunyi yang memiliki frekuensi yang sangat tinggi.

Contohnya ledakan petasan, ledakan bom dan bunyi meriam.

Ditanyakan:

Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut ?

Penjelasan:

Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu adalah nada.

BACA JUGA:   Khalifah pertama Bani Umayyah adalah.... a. Abdul Malik bin Marwan b. Walid bin Abdul Malik c. Muawiyah bin Abu Sofyan d. Umar bin Abdul Aziz 2. Pemerintahan Bani Umayyah dibagi menjadi dua periode, yaitu periode.... a. Damaskus dan Toledo b. Damaskus dan Cordoba c. Madinah dan Andalusia d. Madinah dan Cordoba 3. Masa kejayaan Bani Umayyah terwujud ketika dipimpin oleh.... a. Muawiyah bin Abu Sofyan b. Walid bin Abdul Malik c. Abdul Malik bin Marwan d. Hisyam bin Abdul Malik 4. Cendikiawan Islam dibidang ilmu tafsir adalah.... a. Ibnu Abbas b. Ibnu Sina c. Ibnu Sahal d. Ibnu Rusyd 5. Perhatikan pernyataan dibawah ini: 1) Kehidupan yang serba mewah bagi keluarga istana. 2) Munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan al-Abas ibn Abd al-Muthalib. 3) Pertentangan etnis antara suku Arabia Utara (Bani Qays) dan Arabia Selatan (Bani Kalb) yang sudah ada sejak zaman sebelum Islam. 4) Semangat yang tinggi dalam persatuan dan kesatuan dalam bela negara. 5) Banyak memberikan bantuan kepada fakir miskin. Yang merupakan penyebab runtuhnya Bani Umayyah.... a. 1, 2 dan 3 b. 2, 3 dan 4 c. 3, 4 dan 5 d. 1, 2 dan 4 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 99 6. Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri. Hal ini tercantum dalam Qs..... a. Al An’am ayat 165 b. Ar Ra’du ayat 11 c. Al Baqarah ayat 11 d. Al Anfal ayat 30 7. Panglima perang Bani Umayyah yang namanya diabadikan menjadi nama sebuah selat yaitu: a. Abdul Malik bin Marwan b. Umar bin Abdul Aziz c. Thariq bin ziyad d. Walid bin Abdul Malik 8. Khalifah Bani Umayyah yang bergelar Al Faruq II adalah.... a. Abdul Malik bin Marwan b. Umar bin Abdul Aziz c. Yazid bin Muawiyah d. Walid bin Abdul Malik 9. Kota yang terkenal dengan julukan kota seribu malam adalah.... a. Mekah b. Madinah c. Bagdad d. Yunani 10. Pada masa Walid bin Abdul Malik dibangun sebuah Masjid Damaskus hasil karya arsitek terkenal yang bernama.... a. Abu Ubaidah bin Jarrah b. Uqbah bin Nafi c. Sa’id bin Musayyad d. Rabi’ah Ar-Ra’iy