Mengapa kita harus beriman kepada nabi dan rasul

Keimanan seseorang itu tidak sah sampai ia mengimani semua nabi dan rasul Allah Swt. dan membenarkan bahwa Allah Swt. telah mengutus mereka untuk membimbing dan mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya kebenaran. Allah Swt. juga mewajibkan setiap orang Islam supaya beriman kepada semua rasul yang diutus oleh-Nya, tanpa membeda-bedakan antara rasul yang satu dan yang lainnya. Berikut akan kakak jawab pertanyaan yang adik ajukan beserta pertanyaan terkait lainnya.

Mengapa kita harus beriman kepada nabi dan rasul? Sebutkan 5 alasan kenapa kita harus beriman kepada nabi dan rasul! Mengapa wajib hukumnya percaya kepada nabi dan rasul? Mengapa kita harus beriman kepada para rasul dan apa hukumnya jika tidak beriman kepadanya?

Ada berbagai alasan mengapa kita sebagai umat Islam wajib beriman kepada nabi dan rasul, diantaranya :

1.    Beriman kepada semua Rasul Allah merupakan salah satu kewajiban yang bersifat mutlak bagi setiap muslim. Sebab beriman kepada Rasul Allah termasuk dalam Rukun Iman.

2.    Orang yang tidak beriman kepada Rasul, berarti sama saja ia bukanlah orang Islam. Sebab ia telah mengkufuri salah satu rukun Iman.

3.    Beriman kepada Nabi dan Rasul merupakan salah satu cara guna mendekatkan diri kepada Allah SWT agar selamat di dunia dan di akhirat.

4.    Beriman kepada Nabi dan Rasul merupakan salah satu cara untuk membuktikan bahwa kita benar-benar mencintai Allah SWT.

5.    Dengan beriman kepada Nabi dan Rasul, menjadikan kita mendapat rahmat dari Allah SWT serta mendapatkan figur yang dapat dijadikan suri tauladan.

Sebutkan hikmah beriman kepada nabi dan rasul!

Berbagai hikmah dari beriman kepada Nabi dan Rasul, antara lain :

1.    Mengetahui betapa besarnya kasih sayang Allah SWT kepada hambanya.

2.    Menjadikan kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

3.    Melahirkan rasa cinta serta ta’zhim kepada Nabi dan Rasul.

BACA JUGA:   Lapisan bumi bagian luar yang tersusun dari berbagai jenis batuan yang membentuk lempeng-lempeng kaku dan selalu bergerak serta bergeser adalah?

4.    Mendatangkan sifat-sifat mulia para Nabi dan Rasul ke dalam diri kita, seperti sifat adil, jujur, sabar, teguh, dan penuh semangat dalam berdakwah menegakan ajaran-ajaran Allah SWT.

5.    Menjadikan kita agar menghindari sifat-sifat tercela umat terdahulu agar tidak mengalami kehancuran dan mendapat azab dari Allah, seperti sifat ingkar, sombong, dan menyekutukan Allah.

6.    Menghadirkan peningkatan iman dan takwa kepada Allah agar diri kita serta negeri kita mendapatkan  kemakmuran dan keberkahan.

7.    Menjadikan keimanan kita semakin sempurna.

8.    Memiliki motivasi hidup dan suri tauladan guna berperilaku, bersifat, berpikir, serta bertindak yang baik dalam berbagai aspek kehidupan.

 

Sebutkan contoh perilaku yang mencerminkan bahwa seseorang itu beriman kepada rasul!

Berbagai perilaku yang mencerminkan bahwa seseorang itu beriman kepada Nabi dan Rasul, antara lain :

1.    Senantiasa menjunjung tinggi risalah (Ajaran Allah SWT yang telah disampaikan oleh para Rasul-Nya) walaupun mendapat tekanan, tantangan, serta hambatan.

2.    Beribadah hanya kepada Allah SWT Yang Maha ESA tanpa menyekutukannya.

3.    Giat serta rajin berusaha guna mendapatkan rezeki yang halal sesuai dengan kemampuan atau keahliannya.

4.    Menjalankan segala perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan Allah SWT agar terpelihara iman serta takwa kepada Allah SWT.

5.    Memelihara dan meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.

6.    Menuntut ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

7.    Bersikap Tabligh, Fatonah, Sidiq, dan Amanah.

8.    Gemar melantunkan shalawat.

9.    Menghormati orang yang berbeda keyakinan, tradisi, serta kebiasaan.

10. Saling membantu orang-orang yang berada dalam kesulitan serta kesusahan.

Mengapa Allah memberi mukjizat kepada para rasul?

Ada beberapa tujuan utama Allah SWT memberikan mukjizat kepada para Rasul, antara lain :

1.    Sebagai bukti kekuasaan Allah SWT.

2.    Sebagai bukti kebenaran risalah yang dibawa oleh para Rasul.

3.    Guna melawan dan melemahkan musuh-musuh Allah SWT.