Pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah

Pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari jenis takdir mubram adalah (D) saat kematian datang, kelahiran, jenis kelamin, siapa orang tua kita, sebab takdir ini tidak dapat diusahakan / ditawar dan sudah ditetapkan sebelum manusia diciptakan.

Menurut para Ulama, hubungan Qada (ketentuan), dan Qadar (kadar akan ketentuan tersebut) dibagi menjadi 2 macam:

  • Takdir Mua’llad yaitu takdir yang dapat diubah karena berkaitan dengan ikhtiar / usaha manusia. Contohnya: masuk PTN diusahakan dengan belajar.
  • Takdir Mubram yaitu takdir yang tidak dapat diusahakan dan ditawar oleh manusia. Contohnya: dilahirkan dari orang kaya.

Pada yang dimaksud oleh soal adalah takdir mubram, berarti takdir / ketentuan ini tak dapat diusahakan / dicampurtangani oleh usaha manusia, dan tidak dapat ditawar.

Pada pilihan D, saat kematian datang, tidak dapat ditawar sebab hal tersebut sudah ditetapkan oleh Allah, kita tidak bisa menawar agar jangan mencabut nyawa hari itu, apapun obatnya, dan bagaimanapun usahanya, tidak dapat mengubah takdir tersebut karena ketetapan tersebut mutlak.

Begitupun kelahiran, jenis kelamin, dan juga siapa orang tua kita semuanya telah ditetapkan oleh Allah tidak dapat dicampurtangani oleh usaha manusia. Makanya termasuk takdir mubram.

BACA JUGA:   Yang tidak termasuk pembalikan renang gaya bebas adalah?