Sebutkan dan jelaskan struktur teks cerita inspiratif!

Jawaban

struktur teks cerita inspiratif meliputi orientasi yang merupakan pengantar cerita, perumitan peristiwa berisi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh, komplikasi yang berisi inti permasalahan, resolusi yang berisi penyelesaian masalah, dan koda yang menjadi penutup cerita.space

Pembahasan

Teks cerita inspiratif adalah kisah yang menggugah pembacanya untuk menjadi lebih baik melalui pengalaman inspiratif dari cerita yang dibawakan. Baik di sini berarti pembaca dapat mendapatkan pembelajaran moral atau sosial dan mampu menanamkan suatu kebijaksanaan baru dalam menjalani kehidupan.

Struktur teks cerita inspiratif:

  1. Orientasi, yang merupakan pengantar cerita.
  2. Perumitan peristiwa, dapat berisi kisah atau rangkaian peristiwa yang dialami tokoh.
  3. Komplikasi, merupakan konflik atau inti cerita, biasanya bagian ini juga menjadi tempat peristiwa utama yang menjadi inspirasi.
  4. Resolusi, berisi penyelesaian konflik yang berisi peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan yang seharusnya ia jalani.
  5. Koda, yakni penutup cerita, dan dapat berisi simpulan serta penjelasan pesan moral yang dikandung dalam kisah.

Dengan demikian, struktur teks cerita inspiratif meliputi orientasi yang merupakan pengantar cerita, perumitan peristiwa berisi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh, komplikasi yang berisi inti permasalahan, resolusi yang berisi penyelesaian masalah, dan koda yang menjadi penutup cerita.space

BACA JUGA:   Posisi badan yang benar saat akan melakukan gerakan meroda adalah