sukmaayuu6549 30.01.2019 IPS Sekolah Menengah Pertama terjawab • terverifikasi oleh ahli Apa yg harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi

Upaya negara dalam menciptakan keunggulan ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  2. Meningkatkan jumlah pengusaha
  3. Membuka lapangan pekerjaan yang baru
  4. Meningkatkan investasi
  5. Menggenjot nilai eksport
  6. Perbaikan infrastruktur

 

Penjelasan lebih lanjut :

Ekonomi makro merupakan studi ilmu ekonomi yang mempelajari secara keseluruhan. Kebijakan ekonomi makro dapat mempengaruhi sebagian besar masyarakat, perusahaan dan pasar dari suatu negara.

Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan jumlah barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu.

Terdapat 2 (dua) indikator dalam menghitung pertumbuhan tingkat ekonomi yaitu:

  1. Tingkat Pertumbuhan Pendapatan Domestik Bruto (PDB)
  2. Tingkat Pertumbuhan Pendapatan Nasional Bruto (PNB).

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di suatu negara antara lain:

1. Sumber daya alam

Sumber daya alam merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang mesti kita optimalkan penggunaannya dan kita rawat terus agar dapat diperbaharui dan dinikmati oleh generasi berikutnya. Perlunya sumber daya manusia yang baik juga untuk mengelola sumber daya alam yang ada.

2. Sumber daya manusia

Manusia merupakan makhluk yang memiliki akal dan pikiran. Oleh karena itu, manusia mestinya menggunakannya dengan baik dan benar. Sumber daya manusia dapat ditiingkatkan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat bisa mengetahuinya.

3. Investasi

Investasi merupakan modal awal untuk memberikan kemudahan dalam menggerakan industri dan ekonomi. Jika investasi semakin tinggi, maka semakin tinggi juga produksi barang dan jasa yang bisa dihasilkan.

BACA JUGA:   500 gram sama dengan berapa kilo?

4. Kemajuan IPTEK

Ilmu pengetahuan memberikan pengaruh besar kepada sumber daya manusia sehingga manusia dapat menggunakan akal sehat, pikiran dan pengalaman untuk menjalani hidup.

5. Organisasi

Organisasi merupakan suatu wadah untuk memperjuangkan visi misi, tujuan dan membuat kebijakan-kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

6. Keadaan Sosial dan budaya

Keadaan sosial dan budaya dapat mempengaruhi kelancaran perekonomian suatu negara. Negara yang stabil menjadi daya tarik bagi para investor untuk datang.

7. Keadaan politik

Keadaan politik yang kacau dan panas membuat investor menjadi ragu untuk menanam modal. Hal itu dikarenakan keadaan politik dapat mempengaruhi stabilitas keamanan di negara tersebut.