1. Pada proses pembakaran kayu terjadi perubahan energiA. Kimia menjadi panas B. Potensial menjadi panas C. Panas menjadi energi kimia D. Potensial menjadi energi kimia 2. Seseorang yang telah berlari beberapa lama tentu merasa payah dan haus. Pada peristiwa tersebut telah terjadi perubahan A. Energi otot menjadi energi gerak B. Energi gerak menjadi energi kimia C. Energi kimia menjadi energi kinetik D. Energi kimia menjadi energi mekanis 3. Pada peristiwa pengereman terjadi perubahan energi A. Listrik menjadi panas B. Kinetik menjadi panas C. Kinetik menjadi potensial D. Listrik menjadi kinetik

1. Pada proses pembakaran kayu terjadi perubahan energi

A. Kimia menjadi panas

Pembahasan:

Energi kimia pada kayu tersimpan pada ikatan-ikatan kimia antara atom karbon (C). Ketika terjadi pembakaran, ikatan kimia ini terpecah, seiring dengan reaksi kimia dengan oksigen (O2) di udara pada suhu tinggi. Pemecahan ini menghasilkan energi panas (kalor) dan menghasilkan pula senyawa baru, yaitu gas karbon dioksida (CO2)

2. Seseorang yang telah berlari beberapa lama tentu merasa payah dan haus. Pada peristiwa tersebut telah terjadi perubahan

C. Energi kimia menjadi energi kinetik

Pembahasan:

Energi kimia dalam pergerakan otot berasal dari glikogen. Senyawa ini kemudian diubah menjadi glukosa oleh sel-sel otot, dan digunakan untuk gerak, yang menghasilkan energi gerak atau energi kinetik.

3. Pada peristiwa pengereman terjadi perubahan energi

B. Kinetik menjadi panas

Pembahasan:

Energi kinetik berasal dari gerakan kaki atau tangan yang mengerem, dan menggerakkan rem sehingga menghalangi gerakan roda melalui gesekan. Gesekan antara rem dan roda ini kemudian menghasilkan panas.

Kode: 7.6.6

Kelas: VII

Mata pelajaran: Fisika  

Materi: Bab 6 – Energi dalam Sistem Kehidupan

Kata kunci: Perubahan Energi

BACA JUGA:   Sebutkan batas batas negara ASEAN!

Tinggalkan komentar