1. berikut ini merupakan contoh dari terjadinya proses interaksi sosial … a. 2 orang anak saling bersalaman dan saling berbicara b. orang indonesia bertemu orang arab c. seorang laki-laki memerhatikan seorang gadis d. seorang anak sedang menelpon temannya 2. karena tidak dapat berdamai secara kekeluargaan, maka konflik rumah tangga antara suami istri diselesaikan melalui pengadilan agama dengan tahap proses yang panjang. bentuk akomodasi konflik tersebut dinamakan… a. ajudikasi b. arbitrase c. kompromi d. konsiliasi

Interaksi Sosial adalah suatu hubungan sosial yang sifatnya dinamis menyangkut individu dengan individu lainnya, individu dengan kelompok atau pun kelompok dengan kelompok. Adapun yang dimaksud dengan proses sosial adalah interaksi sosial yang di dalamnya terdapat pengaruh secara timbal balik sehingga kemudian menimbulkan berbagai perubahan.

Pembahasan

Adapun jawaban dari dua soal tersebut di atas, sebagai berikut:

  1. Jawaban yang benar adalah A. 2 ORANG ANAK SALING BERSALAMAN DAN SALING BERBICARA. Pada interaksi ini terjadi hubungan timbal balik antara kedua anak tersebut sehingga memenuhi kriteria interaksi dengan proses sosial. Adapun pada pilihan jawaban B, C dan D tidak melibatkan hubungan timbal balik antara individu dengan individu. Pada bagian D, meski disebutkan seorang anak sedang menelpon temannya namun tidak pasti apakah keduanya sudah saling berkomunikasi atau baru sekedar menelpon.
  2. Jawaban yang benar adalah A. AJUDIKASI. Ajudikasi ini merupakan cara penyelesaian suatu konflik atau sengketa yang melibatkan pengadilan. Contohnya seperti pada soal, konflik rumah tangga yang dibawa ke pengadilan agama.  Ajudikasi ini berbeda dengan arbitrase karena pada arbitrase pihak yang bersengketa bisa memilih pihak ketiga sebagai penengah, sementara pada ajudikasi hanya pengadilan yang menjadi pihak ketiga di dalam konflik atau sengketa tersebut.