Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek ?

Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek ? Jawab: Dalam mengembangkan IPTEK, manusia harus memiliki tanggung jawab etis agar tidak menimbulkan permasalahan dan dampak / pengaruh negatif.

Bagi bangsa Indonesia, didalam mengembangkan dan menerapkan iptek perlu mempertimbangkan landasan idealnya yaitu Pancasila dan mempertimbangkan landasan konstitusionalnya yaitu UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Kaitanya dalam Pancasila terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa, sebenarnya telah memberikan peringatan kepada kita bahwa semua ilmu yang ada di dunia asalnya dari Tuhan, dan kelak akan dimintai pertanggung jawaban.

Artinya, sikap tanggung jawab kita di dalam mengembangkan dan menerapkan iptek harus mempertimbangkan kemaslahatan manusia, bukan untuk menyiksa dan mencelakakan manusia.

Begitulah jawaban versi 1. Itu dari paragraf 1 sampai 4 ya ngab.

Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek ?

Jawab:

Sikap tanggung jawab dalam mengembangkan IPTEK harus memiliki rasa tanggung jawab etis supaya tidak menimbulkan permasalahan dan dampak negatif.

Maka dalam pengembangan iptek tersebut harus sesuai dengan nilai-nilai landasan ideal bangsa yaitu Pancasila, dan sesuai dengan landasan konstitusi yaitu UUD NRI 1945.