Adakah hubungan muncunya organisasi ASEAN dengan sejarah penjajahan bangsa barat di Asia Tenggara ?

ASEAN dibentuk dari Deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967, yang di tandatangani oleh 5 wakil negara pendirinya, yaitu Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thamat Khoman (Thailand), Narisco Ramos (Filipina) dan Rajaratman (Singapura). Kerjasama internasional adalah elemen penting dalam pelaksanaan kebijakan dan politik luar negeri dalam bidang hubungan internasional. Hubungan suatu negara dengan negara lain tidak lepas dari kepentingan nasional negara masing-masing. Melalui kerja sama internasional, negara-negara dapat memanfaatkan untuk pembangunan nasional. Dalam konteks ini, kerja sama antar negara di kawasan Asia Tenggara yakni Association of South East Asia Nations (ASIAN) telah memegang peran kunci dalam pelaksanaan kerja sama internasional di kawasan ini. Adapun latar belakang pembentukan ASEAN ini didukung oleh beberapa kesamaan aspek, yaitu.

  1. Persamaan Letak Geografis Salah satu hal yang mendasari terbentukya ASEAN adalah karena negaranegara tersebut memiliki kesamaan dalam hal geografis. Indonesia dan negaranegara ASEAN lainnya berada di kawasan Asia Tenggara, selain itu negara-negara tersebut juga terletak diantara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
  2. Persamaan Budaya Selain memiliki kesamaan dalam sisi geografis, negara-negara ASEAN juga mempunyai kesamaan dalam nilai- nilai dasar kebudayaan. Sejarah mencatat bahwa negara-negara yang berada di kawasan asia tenggara, memiliki budaya, bahasa, serta tata kehidupan dan pergaulan yang hampir sama karena merupakan para pewaris peradaban sebelumnya yang disebut dengan rumpun Melayu Austronesia.
  3. Persamaan Nasib Selain Tailand, negara-negara yang berada dikawasan asia tenggara merupakan negara- negara jajahan, misalnya Indonesia merupakan negara jajahan Belanda, Malaysia dan Singapura merupakan jajahan inggris, dan juga Filipina yang merupakan negara jajahan Spanyol. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar terciptanya organisasi internasional ASEAN dikarenakan rasa kesetiakawanan dan perasaan senasip sepenanggungan antara negara- negara tersebut.
  4. Persamaan kepentingan Hal yang tidak kalah pentingnya dari sebab- sebab yang membuat terbentuknya organisasi dikawasan Asia Tenggara ini adalah karena adanya persaman kepentingan antara negara- negara tersebut. negara- negara dikawasan Asia Tenggara ini memiliki kebulatan tekat dan tujuan untuk sama- sama berkontribusi dalam hal pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial.
BACA JUGA:   Inti dari teks eksplanasi terdapat pada bagian?

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah tentu ada hubungan antara munculnya ASEAN dengan sejarah penjajahan bangsa barat di Asia Tenggara karena adanya rasa kesetiakawanan dan perasaan senasib di antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang di jajah oleh bangsa barat merupakan salah satu faktor latar belakang munculnya ASEAN.