Apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan

Hukum memiliki arti yang penting dalam mewujudkan keadilan. Arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan tersebut terlihat dari makna hukum itu sendiri, yakni sebagai nilai dan norma yang mengatur tingkah laku manusia sehingga ketertiban dan keadilan dapat dicapai, bahkan kekacauan dalam masyarakat dapat dicegah. Dengan demikian, salah satu tujuan dari hukum adalah mewujudkan keadilan dalam masyarakat.

Pembahasan

Hukum memiliki pengertian sebagai nilai dan norma yang mengatur tingkah laku manusia sehingga ketertiban dan keadilan dapat dicapai, bahkan kekacauan dalam masyarakat dapat dicegah. Sementara itu, menurut Aristoteles hukum dibagi menjadi dua pengertian, yaitu:

Hukum tertentu, yaitu aturan yang menetapkan atau melarang berbagai jenis tindakan.

Hukum universal, yaitu hukum alam yang memiliki keteraturan dan pengarahan internalnya sendiri.

Atas dasar kedua pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa segala tingkah laku warga negara perlu mengikuti hukum yang berlaku di lingkungan masyarakat, dalam berbangsa maupun bernegara. Hal tersebut disebabkan hukum menjadi upaya untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian di masyarakat.

Hukum juga mengatur baik atau buruk dan benar atau salah suatu tindakan yang dilakukan masyarakat. Dengan adanya hukum, anggota masyarakat tidak dapat bertingkah laku secara sewenang-wenang sehingga tidak mengganggu kehidupan anggota masyarakat lainnya. Di mana anggota masyarakat yang kuat tidak bisa mengintimidasi ataupun menyakiti anggota masyarakat lainnya yang lebih lemah.

Hukum juga mengatur keselarasan antara hak dan kewajiban. Sama halnya dengan mencegah kesewenang-wenangan di masyarakat, keselarasan antara hak dan kewajiban juga menjadi penentu dari terciptanya keadilan di dalam masyarakat.

BACA JUGA:   Berikut ini adalah faktor-faktor keberhasilan dalam suatu servis, kecuali?

Karena itu, setiap anggota masyarakat dapat hidup secara nyaman dalam lingkungan masyarakat. Hal tersebut bersesuaian dengan definisi keadilan, yaitu kondisi di mana setiap manusia saling menghargai hak dan kewajiban masing-masing yang menciptakan keadaan menjadi harmonis, papar Frans Magnis Suseno.

Penjelasan tersebut menunjukkan hukum memiliki arti yang penting terhadap terciptanya keadilan. Oleh karena itu, kita perlu menaati aturan hukum, jika menginginkan terciptanya keadilan di lingkungan masyarakat, baik berbangsa maupun bernegara. Hal tersebut mengikat seluruh anggota masyarakat tanpa terkecuali. Maknanya, setiap masyarakat, baik muda atau tua, kaya atau miskin, tinggal di kota atau di desa, setiap suku bangsa, maupun agama, perlu mengikuti aturan hukum yang berlaku. Tujuannya adalah untuk menciptakan keadilan, kenyamanan, dan ketertiban di masyarakat.

 

Detail Jawaban

Kelas: 10

Mapel: PPKN

Bab: Bab 2 – Sistem Hukum dan Peradilan Nasional

Kode: 10.9.2

#JadiRankingSatu

Tinggalkan komentar