Apa hubungan antara takdir,ikhtiar,do’a dan tawakal?

Takdir, ikhtiar, doa dan tawakal adalah istilah-istilah yang berhubungan dengan Qada dan Qadar. Takdir adalah ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT, ikhtiar adalah usaha, doa adalah pengharapan sementara tawakkal adalah sikap yang memasrahkan segala keputusan pada Allah SWT.

Takdir, Ikhtiar, doa dan tawakkal berhubungan erat satu sama lainnya.

Pembahasan

Takdir merupakan ketentuan dari Allah. Taqdir ini sendiri terbagi dua yang salah satunya adalah Takdir Muallaq, yakni takdir berupa ketentuan dari Allah yang juga mengikutsertakan usaha atau ikhtiar dari manusia. Dengan demikian maka manusia bisa mengikhtiarkan atau mengusahakan takdir tertentu sesuai ketentuan yang ada. Untuk melengkapi ikhtiar tersebut maka manusia melakukan doa yakni usaha batin untuk mendekatkan diri dengan pengharapan pada Allah.

TAKDIR yang hendak diraih dengan IKHTIAR dan DOA ini juga harus disempurnakan dengan sikap TAWAKKAL, yakni sikap berserah diri pada Allah atas segala keputusan yang diberikanNya. Tawakkal ini adalah pelengkap usaha dan doa dalam mewujudkan takdir yang diinginkan. Artinya bahwa kepasrahan haruslah dibarengi dengan usaha dan doa sebaik mungkin karena tawakkal bukan bermakna pesimis melainkan optimis.

BACA JUGA:   Perhatikan diagram batang berikut! Penurunan banyak produksi pada bulan April dan Juni adalah

Tinggalkan komentar