Apa Itu Medium? – Platform Menulis untuk Semua Orang

Selamat datang! Apakah Anda seorang penulis yang berbakat atau hanya ingin mencurahkan pikiran Anda dalam bentuk tulisan? Jika ya, maka Medium bisa menjadi platform yang sempurna untuk Anda! Medium adalah sebuah situs web yang memungkinkan setiap orang menulis tentang topik apa pun, dari berita dan politik hingga kehidupan dan gaya hidup. Ini adalah platform yang unik karena memungkinkan pengguna untuk menulis artikel panjang, sangat cocok bagi mereka yang ingin mengeksplorasi topik lebih dalam. Selain itu, Medium juga menawarkan kesempatan bagi penulis untuk bergabung dengan komunitas dan menemukan bacaan menarik dari pengguna lain. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang Medium dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya hanya dalam beberapa klik.

Medium Platform Menulis untuk Semua Orang

Apa Itu Medium?

Medium adalah sebuah platform blogging yang sangat populer di seluruh dunia. Medium memungkinkan pengguna untuk menulis dan membaca konten berkualitas tinggi berupa artikel, esai, berita, dan banyak lagi.

Seperti halnya blog dan situs web lainnya, Medium memudahkan pembuatan dan penyebaran konten secara online. Yang membedakan, Medium menawarkan pengalaman yang lebih interaktif untuk pembaca dan penulisnya. Hal ini membuatnya menjadi tempat yang tepat bagi para penulis yang ingin menjangkau lebih banyak orang dengan karya mereka.

Seperti yang telah disebutkan, Medium menampilkan banyak sekali konten berkualitas tinggi. Medium bekerja sama dengan banyak penulis terkenal dan ahli dibidangnya untuk memberikan konten yang secara khusus disiapkan untuk platform tersebut. Ini membuat Medium sangat menarik bagi pembaca yang selalu ingin mendapatkan informasi baru dan bermanfaat.

Fitur-Fitur Medium

Medium memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membuat konten yang menarik dan mudah dipahami. Berikut adalah beberapa fitur yang tidak boleh Anda lewatkan:

1. WYSIWYG (what you see is what you get)

Medium memiliki editor WYSIWYG atau What You See Is What You Get yang membuatnya mudah untuk menulis artikel tanpa perlu menggunakan HTML atau CSS. Editor ini juga sangat user-friendly dan cocok untuk para pemula yang ingin belajar menulis artikel.

2. Editorial Access

Medium memungkinkan para penulis untuk mengakses editorial yang membantu mereka dalam proses penulisan. Editorial tersebut terdiri dari para editor profesional yang dapat memberikan saran dan feedback secara langsung kepada penulis.

3. Hubungan Dalam Jaringan

Medium memudahkan penggunanya untuk menjalin hubungan dan membangun jaringan dengan para penulis profesional lainnya. Pengguna dapat melihat orang-orang yang terhubung dengan konten mereka, mem-follow, memberikan komentar, dan membaca konten baru dari orang-orang yang mereka follow.

4. Statistik dan Analitik

Medium memberikan informasi statistik dan analitik kepada penggunanya, yang mencakup hal seperti jumlah pengunjung, jumlah like, dan seberapa lama pengunjung mengunjungi konten tersebut. Hal ini membantu para penulis untuk memahami tingkat keterlibatan pembaca dengan konten yang telah mereka buat dan memungkinkan mereka untuk terus memperbaiki konten mereka di masa depan.

5. Penyebaran Konten

Medium adalah platform yang memudahkan penyebaran konten. Setiap artikel atau esai yang di-posting pada Medium dapat dibagikan secara mudah ke semua jaringan sosial Anda.

Sebagai platform blogging yang populer, Medium menawarkan banyak hal yang tidak Anda dapatkan di platform lain. Fiturnya yang intuitif dan mudah digunakan sangat memungkinkan pengguna membuat konten berkualitas tinggi dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Jika Anda belum mencoba Medium, sebaiknya coba gunakan platform ini untuk menulis dan membagikan ideas Anda dengan cara yang lebih efektif!

Cara Menggunakan Medium

Medium adalah platform online yang digunakan oleh penulis dan pembaca untuk berbagi dan membaca konten berkualitas tinggi. Ada beberapa cara untuk menggunakan Medium, yang akan dibahas di bawah ini.

1. Memberikan Respon pada Konten

Salah satu cara untuk menggunakan Medium adalah dengan memberikan respon pada konten yang dibaca. Para pembaca dapat memberikan feedback pada penulis melalui fitur komentar. Untuk memberikan respons pada konten, klik tombol ‘komentar’ di bawah postingan. Setelah itu kamu bisa mengetikkan komentar atau feedback yang ingin kamu sampaikan pada penulis.

Selain fitur komentar, Medium juga memiliki fitur ‘highlight’. Fitur ini memungkinkan para pembaca untuk menyorot bagian tertentu dari teks yang mereka anggap penting atau menarik perhatian. Kemudian, pembaca dapat membagikan bagian yang di-highlight tersebut ke media sosial mereka atau menyimpannya ke dalam koleksi ‘Bookmark’ pada akun Medium mereka.

2. Menulis Konten di Medium

Cara lain untuk menggunakan Medium adalah dengan menulis dan memposting tulisan sendiri. Untuk membuat tulisan baru, klik tombol ‘tulis sebuah cerita’ di bagian atas halaman. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman pengeditan di mana kamu bisa mulai menulis konten. Medium menyediakan antarmuka pengeditan yang intuitif dan mudah digunakan, memungkinkan para penulis untuk mengungkapkan ide mereka dengan cara yang efektif dan menarik.

BACA JUGA:   Sebutkan macam-macam gerak dasar dalam permainan bola basket

Medium juga menyediakan opsi untuk memformat dan mengedit tulisan yang sedang ditulis. Para pengguna dapat memilih berbagai jenis format teks seperti bold, italic, underline, atau menambahkan hyperlink ke bagian teks tertentu. Pengguna juga dapat memasukkan gambar, video, atau GIF ke dalam tulisan mereka.

Setelah kamu menyelesaikan tulisan, Medium memungkinkan kamu untuk memilih publik untuk kontenmu. Kamu dapat memilih antara ‘private’ (hanya bisa diakses olehmu), ‘unlisted’ (dapat diakses melalui tautan saja), atau ‘public’ (dapat diakses oleh semua orang). Anda juga dapat menentukan kategori untuk kontenmu, seperti ‘Teknologi’, ‘Seni’, atau ‘Kesehatan’.

Hal lain yang perlu diingat dalam menulis di Medium adalah memperhatikan keunikan dan kualitas tulisan. Karena Medium didedikasikan untuk konten berkualitas tinggi, maka pastikan kontenmu orisinal dan menarik. Hindari menjiplak tulisan orang lain dan pastikan kamu menulis dengan tata bahasa dan ejaan yang benar. Post ini juga sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia baku.

3. Mengikuti Penulis atau Topik Tertentu

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan Medium adalah dengan mengikuti penulis atau topik tertentu dalam platform tersebut. Seperti di platform media sosial lainnya, pengguna bisa ‘mengikuti’ akun pengguna lain atau topik tertentu, sehingga setiap kali konten baru dipublikasikan, pengguna akan mendapat pemberitahuan.

Dengan mengikuti penulis atau topik tertentu, para pengguna dapat terus memperbarui konten terbaru dan menemukan lebih banyak informasi tentang topik yang mereka minati. Medium memiliki pilihan untuk menemukan orang atau topik tertentu seperti dari kategori tersebut yang menghadirkan topik yang bisa kamu pilih.

Kesimpulan

Melalui Medium, para penulis dan pembaca dapat mengakses dan berbagi konten berkualitas tinggi. Pengguna bisa menulis konten sendiri, memberikan feedback pada penulis lain, dan mengikuti penulis atau topik tertentu. Dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas dan memperhatikan tolok ukur kualitas Medium, para pengguna dapat memaksimalkan pengalaman mereka di platform ini.

Manfaat Menggunakan Medium

Medium adalah platform penulisan online yang memungkinkan pengguna untuk menulis artikel tentang berbagai topik, dari teknologi hingga politik dan budaya populer. Platform ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi pengetahuan dan menjangkau audiens yang lebih besar. Medium Partner Program adalah cara baru yang memungkinkan orang untuk menghasilkan uang dari penulisan mereka.

Menjangkau Audiens yang Lebih Besar

Medium memungkinkan penulis untuk menjangkau audiens yang lebih besar daripada blog pribadi atau platform penulisan lainnya. Platform ini memiliki jutaan pembaca aktif yang mencari artikel tentang berbagai topik. Dengan membuat artikel yang menarik dan relevan, penulis dapat menarik perhatian pembaca di seluruh dunia.

Medium juga memiliki fitur untuk membagikan artikel ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Ini memungkinkan artikel Anda untuk diakses oleh orang di seluruh dunia. Hal ini juga memungkinkan penulis untuk memperluas jangkauan audiens mereka.

Meningkatkan Kredibilitas

Jika Anda ingin menjadi pengarang yang sukses, kredibilitas adalah hal yang sangat penting. Medium adalah platform yang memiliki integritas yang baik dalam hal kredibilitas. Penulis yang memposting artikel di Medium akan dilihat sebagai ahli dalam topik tertentu, sehingga meningkatkan kredibilitas mereka.

Jika Anda adalah seorang penulis baru atau baru saja mendapatkan kredibilitas sebagai penulis, Medium adalah tempat yang tepat. Platform ini memiliki banyak pembaca dan mereka ingin membaca artikel yang menarik. Jika Anda dapat menulis artikel yang menarik dan informatif, Anda akan meningkatkan kredibilitas Anda dengan cepat.

Menghasilkan Uang dari Penulisan Anda

Medium Partner Program adalah platform baru yang memungkinkan penulis menghasilkan uang dari penulisan mereka. Program ini memungkinkan penulis yang terpilih untuk mendapatkan pembayaran untuk artikel mereka. Penulis akan mendapatkan uang dari iklan yang ditempatkan di artikel mereka. Jumlah pembayaran akan ditentukan oleh jumlah views yang diterima setiap artikel.

Medium Partner Program memungkinkan penulis untuk menghasilkan uang hanya dengan menulis artikel yang informatif dan menarik. Program ini juga memungkinkan penulis fokus pada pekerjaan yang mereka sukai tanpa harus memikirkan tentang bagaimana mereka dapat menghasilkan uang darinya. Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk menghasilkan uang di internet.

Kesimpulan

Medium adalah platform yang luar biasa untuk membagikan tulisan Anda dan menjangkau audiens yang lebih besar secara online. Dengan Medium Partner Program, Anda dapat menghasilkan uang dari penulisan Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kredibilitas Anda dan memperluas jangkauan penulisan Anda. Jadi, berhenti mencari tempat untuk membagikan pengetahuan Anda dan mulai menulis pada Medium hari ini.

BACA JUGA:   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!1) Membela Negara agar dipuji dan mendapat hadiah dari pemerintah 2) Mematuhi hukum karena takut dengan aparat kepolisian3) Melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang4) Turut serta dalam program pembangunan nasional Pernyataan yang benar ditunjukan pada nomor?

Kelebihan dan Kekurangan Medium

Medium adalah platform berbagi konten yang semakin populer di kalangan penulis dan pembaca di Indonesia. Medium menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu penulis untuk menyajikan konten dengan baik dan memperoleh perhatian pembaca. Meskipun demikian, Medium juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Kelebihan Medium

Salah satu kelebihan Medium adalah tampilan yang menarik. Medium memiliki desain yang minimalis dan modern, sehingga memudahkan pembaca untuk membaca konten tanpa gangguan. Selain itu, Medium juga memperhatikan aspek SEO, sehingga konten yang dipublikasikan di Medium cenderung lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Selain itu, Medium juga menawarkan kemudahan dalam mempublikasikan konten. Penulis dapat dengan mudah membuat akun dan mulai menulis. Selain itu, Medium juga memungkinkan penulis untuk menentukan kategori konten yang dihasilkan, sehingga memperoleh pembaca yang lebih cermat.

Medium juga menawarkan kemudahan dalam menghubungkan penulis dan pembaca. Pembaca dapat dengan mudah mengikuti penulis yang mereka sukai dan berinteraksi dengan mereka melalui komentar atau penghargaan. Selain itu, Medium juga menampilkan konten yang sesuai dengan minat pembaca, sehingga pembaca mendapatkan pengalaman membaca yang lebih personal.

Kekurangan Medium

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Medium juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah fitur editing yang terbatas. Medium memang menawarkan beberapa fitur editing, seperti pengaturan tata letak dan penambahan gambar, namun fitur tersebut terbatas dan sulit digunakan jika dibandingkan dengan platform blogging yang lain.

Selain itu, Medium juga kurang memberikan branding personal kepada penulis. Medium cenderung menonjolkan konten daripada penulis, sehingga sulit bagi penulis untuk memperkuat brand mereka di platform tersebut. Hal ini bisa menjadi kendala bagi penulis yang ingin memperluas jangkauan brand mereka.

Terakhir, Medium juga tidak menyediakan fitur monetisasi untuk penulis. Meskipun penulis dapat memperoleh uang melalui Medium Partner Program, limitasinya masih terbatas dan tidak sepenuhnya terbuka bagi seluruh penulis.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Medium adalah platform yang baik untuk penulis yang ingin meningkatkan kualitas kontennya dan memperoleh pembaca yang cermat. Medium menawarkan tampilan yang menarik dan dukungan SEO yang baik. Meskipun demikian, penulis perlu mempertimbangkan kekurangan-kekurangan yang dimilikinya, seperti fitur editing yang terbatas dan kurangnya branding personal.

Apa itu Medium?

Medium adalah sebuah platform blog yang didirikan oleh Evan Williams, sesama pendiri Twitter. Medium dirancang sebagai media untuk mempublikasikan tulisan, artikel, dan cerita para penulis dari beragam latar belakang dan minat. Medium memungkinkan para penulis untuk mengekspresikan pendapat dan pandangan mereka secara bebas dan mudah diakses oleh pembaca dari seluruh dunia.

Kelebihan Medium

Medium memiliki beberapa kelebihan dibandingkan platform blog pada umumnya. Pertama, Medium memiliki sistem penilaian dari pembaca dan pengguna. Hal ini memungkinkan para penulis untuk mendapatkan pengakuan atas kualitas tulisannya, serta umpan balik konstruktif dari pembaca yang merespon tulisan tersebut. Dalam hal ini, Medium bukan sekadar platform untuk menulis, tetapi juga sebuah komunitas penulis.

Kedua, Medium menawarkan kesempatan bagi para penulis yang belum memiliki pengikut atau basis pembaca yang besar untuk memperoleh audiens yang luas. Medium dibangun dengan menggunakan tag dan kategori, sehingga para pembaca dapat menemukan tulisan yang menarik bagi mereka secara lebih mudah.

Ketiga, Medium juga memungkinkan para penulis untuk memonetisasi tulisannya melalui program partner medium. Program ini memungkinkan penulis untuk mendapatkan penghasilan berdasarkan jumlah pembaca yang membaca tulisannya. Penghasilan yang diperoleh bisa bervariasi tergantung seberapa banyak tulisan yang dibaca oleh pembaca.

Keempat, Medium diciptakan dengan desain sederhana dan minimalis yang membuat pengguna merasa nyaman saat membacanya.

Bagaimana Cara Menggunakan Medium?

Untuk memulai menggunakan Medium, pengguna perlu membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna bisa langsung membuat tulisan baru dengan mengklik tombol “Write a story”. Medium menyediakan berbagai macam fitur editor yang mempermudah proses penulisan, seperti fitur pengaturan tata letak, gambar, dan video.

Selain menulis artikel, Medium juga menyediakan fitur untuk membuat kolom. Kolom bisa dijadikan ruang eksklusif bagi para penulis untuk menampilkan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan topik tertentu atau topik yang ingin mereka angkat.

Setelah artikel selesai, pengguna bisa mempublikasikannya secara gratis atau bisa memasang paywall yang dapat diakses oleh pembaca yang sudah berlangganan Medium untuk membaca tulisannya.

Manfaatkan Medium dengan Baik

Meskipun Medium menawarkan berbagai keuntungan bagi para penulis, namun keberhasilannya tergantung pada kemampuan penggunanya untuk memanfaatkannya secara efektif. Berikut beberapa tips untuk memanfaatkan Medium dengan baik:

BACA JUGA:   Jantung katak terbagi atas tiga ruang, yaitu

1. Tentukan tema atau topik tulisan yang ingin disajikan agar tulisan dapat menarik audiens.

2. Gunakan tag dan kategori yang tepat untuk memudahkan pembaca menemukan tulisan.

3. Gunakan gambar atau ilustrasi yang menarik untuk menarik perhatian pembaca.

4. Ajak pembaca untuk memberi umpan balik terhadap tulisan.

5. Teruslah menulis dan mempublikasikan tulisan dengan kualitas yang baik untuk menjaga pembaca tetap tertarik.

Kesimpulan

Medium adalah platform blog yang menarik bagi para penulis untuk mengekspresikan ide. Medium memiliki beberapa kelebihan seperti komunitas penulis, kategori yang memudahkan pembaca menemukan tulisan, penghasilan melalui program partner Medium, dan desain yang minimalis. Medium juga mudah digunakan, namun keberhasilannya tergantung pada kemampuan penggunanya untuk memanfaatkannya secara efektif dengan menentukan topik, menggunakan gambar dan tag yang tepat, serta terus menulis dengan kualitas tinggi.

Artikel Terkait