Bagaimana cara menghitung GNP NNP NNI PI DI?

Jawaban:

Pembahasan

Pendapatan nasional adalah jumlah dari keuntungan dan seluruh kegiatan produksi masyarakat suatu negara dalam satu periode tertentu. Pendapatan nasional suatu negara biasanya diukur dalam periode waktu sekitar satu tahun. Setiap kegiatan ekonomi baik produksi maupun konsumsi akan menjadi aspek yang berpengaruh terhadap pendapatan nasional negara tersebut.

Manfaat Adanya Pendapatan Nasional

  1. Mengetahui tingkat atau grafik struktur perekonomian.
  2. Mengetahui peningkatan dan kemunduran perekonomian suatu negara dari tahun ke tahun.
  3. Mengetahui perbandingan jumlah perekonomian antar setiap daerah.
  4. Membandingkan jumlah peningkatan ekonomi antar setiap negara.
  5. Menjadi sumber informasi bagi pemerintah untuk mengukur keberhasilan.

Konsep Pendapatan Nasional

1.  GDP (Gross Domestic Product)

Gross Domestic Product (GDP) memiliki arti Produk Domestik Bruto (PDB) apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia. GDP/PDB merupakan jumlah produksi barang dan/ atau jasa pada suatu negara dalam periode waktu satu tahun. Produksi yang dilakukan oleh perusahaan atau investa asing tetep terhitung dalam GDP bila proses produksinya dilakukan dalam negeri tersebut.

GDP/PDB memiliki rumus persamaan :

  • GDP : Pendapatan WNI dalam negeri + Pendapatan WNA dalam negeri

2. GNP (Gross National Product)

Gross National Product (GNP) memiliki arti Produk Nasional Bruto (PNB) apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia. GNP/PNB merupakan jumlah keuntungan produksi berupa barang dan/ atau jasa pada suatu negara dalam periode waktu satu tahun. Perbedaan GNP/PNB dengan GDP adalah GNP juga mencakup penghasilan warga negara yang bekerja di luar negeri. Sehingga, untuk menghitung GNP juga mempertimbangkan aspek kewarganegaraan.

GNP/PNB memiliki rumus persamaan :

  • GNP : Pendapatan WNI dalam negeri + Pendapatan WNI luar negeri
  • GNP : GDP + Pendapatan WNI luar negeri – Pendapatan WNA dalam negeri
  • GNP : GDP – Neto produksi luar negeri
BACA JUGA:   Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut?

3.  NNP (Net Nasional Product)

Net National Product (NNP) memiliki arti Produk Nasional Neto (PNN) apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia. NNP/PNN merupakan jumlah GNP yang bersih dari jumlah dana modal untuk proses produksi. NNP/PNN berfungsi untuk memperhitungkan jumlah keuntungan dari suatu proses produksi.

NNP/PNN Memiliki rumus persamaan :

  • NNP : GNP – Pennggunaan Modal

4. NNI (Net National Income)

Net National Income (NNI) memiliki arti pendapatan nasional neto apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia. NNI merupakan jumlah dana balas jasa yang diterima masyarakat (RTK) atas penyediaan faktor-faktor produksi. NNI hanya menghitung besar balas jasa tersebut.

NNI memiliki rumus persamaan :

  • NNI : NNP – Pajak + Subsidi (Tidak wajib)

5. PI (Personal Income)

Personal Income (PI) memiliki arti pendapatan perseorangan apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia. PI merupakan jumlah pendapatan yang didapat atas proses produksi oleh masing-masing orang. PI dihitung dengan mengurangi laba yang ditahan, iuran asuransi, iuran jaminan sosial, dan ditambah dengan pembayaran pindahan/transfer (transfer payment).

PI memiliki rumus persamaan :

  • PI : NNI + Biaya transfer – (laba yang ditahan + iuran asuransi + iuran jaminan sosial + pajak perseroan)

6.  DI (Disposable Income)

Disposable Income (DI) memiliki arti pendapatan yang siap dibelanjakan apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia. DI merupakan pendapatan yang disisihkan untuk digunakan dalam membiayai pembelian barang dan/ atau jasa. Juga tabungan yang diubah bentuk menjadi investasi. DI dihitung dengan mengurangi pajak langsung pribadi.

DI memiliki rumus persamaan :

  • DI : PI – Pajak Langsung