Bidang garapan kerjasama MEA?

Kelas: IX
Mata Pelajaran: IPS
Materi: Kerja sama ASEAN

Kata Kunci: MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

Jawaban pendek:

 

Bidang garapan kerjasama MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) adalah bidang ekonomi.

 

Jawaban panjang:

 

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan ASEAN Economic Community (AEC) adalah komunitas pasar bersama yang dibuat oleh ASEAN untuk mengintegrasikan ekonomi negara anggotanya. MEA sendiri merupakan kelanjutan dari AFTA dalam kerjasama ekonomi di Asia Tenggara.

 

Anggota MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan anggota AFTA (ASEAN Free Trade Area) adalah sama yaitu ke-sepuluh negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN: Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei, dan Indonesia.

 

Inisiatif menuju pembentukan MEA dapat ditelusuri kembali pada awal tahun 1992 ketika para pemimpin ASEAN mengamanatkan pembentukan Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA).

 

Kemudian pada tahun 2003, para pemimpin ASEAN sepakat untuk membangun momentum dan kemajuan yang dicapai di AFTA dan upaya lain untuk memperluas dan memperdalam kerja sama regional di bidang ekonomi dalam bentuk MEA.

 

MEA adalah komitmen kerjasama ekonomi ASEAN dan seluruh negara anggota ASEAN diwajibkan untuk ikut bergabung.

 

MEA adalah realisasi tujuan akhir integrasi ekonomi kawasan ASEAN. MEA menginginkan terbentuknya ASEAN sebagai pasar tunggal, wilayah yang kompetitif secara ekonomi, dengan pembangunan ekonomi yang adil, dan terintegrasi sepenuhnya ke dalam ekonomi global.

BACA JUGA:   upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah?

 

Bila MEA direalisasikan, diharapkan ASEAN akan memiliki pergerakan barang, jasa, dan investasi bebas serta arus modal dan keterampilan yang lebih bebas. Pergerakan bebas di bidang ekonomi ini diharapkan meningkatkan lapangan kerja dan kesejahteraan di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.