Kadal berukuran besar yang hidup di Amerika​

Kadal yang berukuran besar yang hidup di Amerika adalah Kadal monster Gila (Heloderma suspum)

Pembahasan:

Kadal monster Gila (Heloderma suspum) adalah spesies kadal berbisa yang berasal dari Amerika Serikat bagian barat daya dan negara bagian Sonora di Meksiko barat laut.

Nama “Gila” mengacu pada Lembah Sungai Gila di negara bagian New Mexico dan Arizona, Amerika Serikat, tempat kadal ini banyak ditemukan.

Kadal monster Gila yang bergerak lambat ini adalah satu-satunya kadal berbisa asli di Amerika Serikat. Spesies ini memiliki kerabat dekat, yaitu kadal bermanik-manik Meksiko (Heloderma horridum).

Kadal ini dapat mencapai ukuran hingga 60 cm panjangnya. Berat tubuh kadal biasanya berkisar antara 350 hingga 700 g dan spesimen yang besar dapat berukuran hingga 2,3 kg. Meskipun monster Gila berbisa, sifatnya yang lamban berarti ia tidak menjadi ancaman bagi manusia.

Di Amerika Serikat kadal ini dapat ditemui di negara bagian California, Nevada, Utah, dan New Mexico. Pada tahun 2019, negara bagian Utah menjadikan monster Gila sebagai satwa reptil resmi negara bagian itu.

Hidup di daerah padang pasir dan wilayah kering, kadal monster Gila menghabiskan 90% waktunya di bawah tanah di liang atau tempat berlindung berbatu. Kadal ini aktif di pagi hari.

Hewan memakan terutama telur burung dan reptil kecil. Kadal ini metabolismenya lambat dan jarang makan (hanya lima sampai sepuluh kali setahun). Kemudian kadal ini menjadi hewan yang dimangsa oleh coyote dan burung pemangsa seperti elang

BACA JUGA:   Api merupakan teknologi yang penting dalam kehidupan manusia purba. Manusia pada masa praaksara membuat api dengan cara?

————————————————————————————-

Detail Jawaban              

Kelas: VII  

Kode:  7.4.3  

Mata Pelajaran: Biologi          

Materi: Bab 3 – Klasifikasi Makhluk Hidup

Kata Kunci: Kadal Monster Gila  

Tinggalkan komentar