Langkah pertama yang diambil Soeharto sebagai pengemban Supersemar dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban pada tahun 1966 sesuai dengan tuntutan rakyat saat itu adalah?

Supersemar yang dikeluarkan oleh Soekarno pada 11 Maret 1966 menugaskan Soeharto untuk memulihkan keamanan. Namun akhirnya Supersemar dijadikan tonggak lahirnya pemerintahan Orde Baru setelah kekuasaan Soekarno dialihkan kepada Soeharto pada tahun 1967. Langkah pertama yang diambil Soeharto sebagai pengemban Supersemar dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban pada tahun 1966sesuai dengan tuntutan rakyat saat itu adalah?

    membentuk kabinet baru

  1. memperbaiki sistem ekonomi
  2. menyatakan negara dalam keadaan darurat
  3. membubarkan PKI beserta ormas-ormasnya
  4. menangkap para menteri yang terlibat komunis

Jawaban: D. membubarkan PKI beserta ormas-ormasnya

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, supersemar yang dikeluarkan oleh soekarno pada 11 maret 1966 menugaskan soeharto untuk memulihkan keamanan. namun akhirnya supersemar dijadikan tonggak lahirnya pemerintahan orde baru setelah kekuasaan soekarno dialihkan kepada soeharto pada tahun 1967. langkah pertama yang diambil soeharto sebagai pengemban supersemar dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban pada tahun 1966sesuai dengan tuntutan rakyat saat itu adalah membubarkan pki beserta ormas-ormasnya.

BACA JUGA:   Republik Maluku Selatan (RMS) merupakan upaya disintegrasi di wilayah Indonesia Timur. Wilayah Maluku Selatan ini semula merupakan bagian dari?

Tinggalkan komentar