Sebutkan macam-macam gerak dasar permainan sepak bola !

Macam-macam gerak / teknik gerakan dasar pada permainan sepak bola adalah (1) Menendang bola (Kicking), (2) menghentikan atau mengontol (Stoping), (3) menggiring bola (Dribbling), (4) menyundul bola (Heading), (5) merampas / merebut bola (Tackling), (6) lemparan ke dalam (Throw in),dan (7) Menjaga gawang (Goal Keeping).

  • Menendang bola adalah gerakan dasar yang paling domainan atau sering digunakan dalam sepak bola.

Berdasarkan perkenaan kaki, teknik menendang dibagi ke dalam berbagai macam seperti menendang dengan kaki bagian dalam, luar, hingga punggung kaki.

Menendang atau tendangan dapat dilakukan untuk menembak, maupun mengumpan bola kepada rekan satu tim

  • Menghentikan bola, atau sering juga disebut menahan bola, gerakan ini dilakukan untuk menahan bola hasil dari umpan teman, agar berhenti dan dapat dikendalikan, untuk kemudian digiring maupun ditendang kembali.

Gerakan menahan bola agak berbeda dengan menendang, jika dalam menendang kaki diayunkan ke depan, pada gerakan menahan bola, kaki agak ditarik ke belakang untuk menahan laju bola.

Menghentikan bola biasanya dilakukan dengan telapak kaki, kaki bagian dalam, luar, maupun menggunakan paha hingga dada, tergantung arah datangnya bola.

  • Dribbling, atau menggiring bola pada permainan sepak bola pada dasarnya juga terdiri dari gerak menendang bola, hanya saja dilakukan secara perlahanan-lahan atau terputus-putus.

Teknik dribbling memiliki tujuan untuk melewati lawan, mendekati sasaran, mengecoh lawan, hingga mengubah irama permainan.

  • Menyundul digunakan untuk menembak / mengoper bola dengan menggunakan kepala.

Gerakan ini dilakukan bila arah bola yang datang tinggi karena tidak memungkinkan menggunakan kaki untuk menendang.

  • Tackling, adalah gerakan merebut bola dari lawan.
BACA JUGA:   Berikut ini yang merupakan tahapan metamorfosis kupu-kupu adalah?

Gerakan ini dilakukan untuk menghentikan serangan lawan. Merebut bola dapat dilakukan ketika lawan menggiring, atau saat lawan melakukan operan dengan cara memotong operan.

  • Lemparan ke dalam, dilakukan ketika bola keluar dari lapangan.

Teknik ini dilakukan dengan berdiri di luar garis lapangan, dan memegang bola dengan kedua tangan untuk dilempar kepada rekan satu tim.

  • Menjaga gawang, umumnya dilakukan oleh kipper agar bola tendangan lawan tidak masuk ke dalam gawang dan memberi poin untk lawan.

Namun, back / pemain belakang juga memiliki peran penting menjaga agar bola tidak mendekati kotak gawang yang mengakibatkan lawan akan lebih mudah memasukan bola ke gawang.