Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah?

Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil (A). Tahapan penyelesaian masalah ini diterapkan dalam konsep pemrograman pada umumnya. Penyelesaian masalah dilakukan secara runtut agar proses yang berlangsung lebih efektif dari segi waktu dan sumber daya, serta hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Pembahasan

Masalah

Tahapan masalah adalah dimana kita menerima, mengobservasi dan menganalisis kemungkinan bagaimana kita akan menyelesaikan masalah tersebut dan memperkirakan seperti apa output yang nanti diharapkan.

 

Pseudocode

Setelah melalui tahapan masalah, pada tahap pseudocode ini, kita akan menyusun algoritma yang mungkin akan digunakan untuk penyelesaian. Pseudocode sendiri menyerupakai bentuk kode pemrograman namun, menggunakan bahasa yang fleksibel dan tidak terikat aturan. Dengan membuat pseudocode terlebih dahulu, kita bisa menggambarkan langkah yang akan dilakukan ketika proses pemrograman sekaligus dapat kita dokumentasikan untuk mengetahui bagaimana suatu langkah ini dipilih.

Contoh pseudocode menghitung luas segitiga siku-siku:

Deklarasi

alas, tinggi, tinggi:=integer

 

Algoritma

do

 

read(alas), read(tinggi) //menerima inputan

while alas<1 || tinggi<1    //akan meminta input ulang apabila alas atau  tinggi bernilai lebih kecil dari 1 (0 atau negatif), jika lebih besar dari 1, maka akan tetap lanjut ke operasi berikutnya

luas<- 1/2*alas*tinggi //operasi hitung luas

write(luas) //menampilkan luas

 

Flowchart

Tahapan flowchart adalah tahap mengubah algoritma dalam pseudocode tersebut menjadi bentuk simbol dan garis sehingga menyerupai diagram proses. Tahap ini akan lebih memperjelas bagaimana algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan sebelum masuk ke tahap pemrograman

BACA JUGA:   Teknik steaming adalah teknik memasak?

 

Program

Tahapan program adalah tahapan pengkodean/pemrograman dimana tahap ini kita menyusun algoritma yang sudah kita buat menjadi code program yang sesuai dengan ketentuan pada setiap bahasa pemrograman yang akan digunakan.

 

Eksekusi

Tahapan eksekusi adalah tahapan mengeksekusi code yang sudah disusun pada tahap program secara berurutan untuk kemudian akan menampilkan kepada pemrogam apakah code tersebut dapat berjalan dengan baik, atau justru ditemukan adanya error. Umumnya error yang mungkin terjadi pada tahap ini seperti logical error, runtime error, syntax error, compilation error dan interface error. Jika tidak ada error, maka code tereksekusi dengan baik.

 

Hasil

Tahapan hasil adalah tahapan dimana kita mendapatkan output yang sesuai dari masalah yang ingin diselesaikan. Jika hasil sesuai dengan yang diharapkan, maka masalah terselesaikan dengan baik dan tentunya diketahui dengan cara mencoba program tersebut setelah berhasil tereksekusi.

Tinggalkan komentar