Tuliskan faktor pendorong hubungan internasional!

Jawaban

terdapat dua faktor pendorong terjadinya hubungan internasional, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal pendorong terjadinya kerjasama Internasional yakni adanya kepentingan nasional yang tidak dapat dipenuhi di dalam negeri hingga adanya keinginan untuk menjalin hubungan politik. Faktor eksternal yang  menjadi pendorongnya adalah adanya perbedaan kemampuan dalam pemahaman ilmu hingga perbedaan sumber daya.

Pembahasan

Faktor-faktor yang mendorong terjadinya hubungan internasional dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal.

  • Dari sisi internal, pendorong terjadinya hubungan internasional sebagai berikut.
  1. Adanya kepentingan nasional yang tidak bisa dipenuhi kalau hanya dilakukan didalam negeri, baik yang sifatnya ekonomis, politik, kultural, ataupun keamanan.
  2. Keinginan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan nasional.
  3. Keinginan untuk bisa menjalin hubungan politik dan memperoleh dukungan dari negara lain.
  • Dari sisi eksternal, pendorong terjadinya hubungan internasional adalah sebagai berikut.
  1. Adanya perbedaan kemampuan atau skill dalam pemahaman ilmu pengetahuan di berbagai bidang.
  2. Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim,tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan perbedaan pendapatan negara.

Dengan demikian, terdapat dua faktor pendorong terjadinya hubungan internasional, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal pendorong terjadinya kerjasama Internasional yakni adanya kepentingan nasional yang tidak dapat dipenuhi di dalam negeri hingga adanya keinginan untuk menjalin hubungan politik. Faktor eksternal yang  menjadi pendorongnya adalah adanya perbedaan kemampuan dalam pemahaman ilmu hingga perbedaan sumber daya.

BACA JUGA:   Perbedaan suku-suku bangsa Indonesia yang beragam dipengaruhi oleh?