Jelaskan cara melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti

Cara berlatih melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti adalah (1) menghadap ke arah bola, (2) Posisi kaki kiri di depan kaki kanan dengan posisi kedua kaki terbuka dan sedikit ditekuk, (3) Lemparkan bola dan tangkap di tempat, kemudian (4) lakukan sambil bergerak maju dengan melambungkan dan menangkap bola sendiri.

Gerakan melempar dan menangkap bola kasti dilakukan untuk melatih ketrampilan dengan cara mengkombinasikan gerak dasar seperti tangkap dan lempar. Gerakan ini bisa dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok.

Gerakan kombinasi latihan menangkap dan melempar bola kasti terdiri dai 4 macam aktivitas pembelajaran, antara lain:

  • Lempar tangkap bola di tempat dilanjutkan dengan bergerak maju dengan bola dilambungkan sendiri.

Caranya seperti yang telah disebutkan di atas, satu tangan memegang bola, melempar ke atas kemudian tangan lain menangkap.

Gerakan pada awalnya dilakukan di tempat kemudian dilanjutkan sambil bergerak maju ke depan.

  • Lempar tangkap bola dengan lecutakan tangan di tempat secara berpasangan dilanjutkan dengan bergerak maju mundur.

Latihan ini dilakukan oleh dua orang secara berpasanga, salah satu orang melempar, dan teman yang lain menangkap. Kemudian gerakan dilakukan secara bergantian, dan dilanjutan sembari bergerak maju dan mundur.

  • Lempar tangkap bola melambung, mendatar dan menggelundung secara berpasangan.

Teknik kombinasi ini dilakukan dengan cara berpasangan, dengan berbagai lemparan kasti.

Satu orang melemparkan bola melambung, teman yang lain menangkap bola melambung. Jika sudah menangkap dan melempar bola melambung oleh keduanya, baru dilanjutkan lemparan dan tangkapan mendatar lurus.

  • Lempat tangkap bola melambung, mendatar dan menggelundung dalam formasi berkelompok dan pemain bergerak lari setelah melemparkan bola.
BACA JUGA:   Berikut ini merupakan kategori bahan keras buatan berupa logam adalah?

Cara melakukanya dengan berkolompok sekitar 4 orang membentuk formasi melingkar.

Salah satu orang melempar ke depan pada temannya secara melambung, kemudian si pelempar lari ke tempat penangkap bola. Nah, yang menangkap bola kemudian melempar ke depan lalu berlari begitu seterusnya.

Sehingga kita berlari-lari lempar tangkap bola.