Apa yang dimaksud dengan intonasi dan mimik saat mendeklamasikan puisi?

Jawaban

intonasi adalah naik turunnya nada dalam pembacaan puisi. Mimik adalah ekspresi penghayatan dari puisi yang dibacakan.

Pembahasan

Deklamasi puisi adalah membaca puisi tanpa menggunakan teks. Pengertian deklamasi menurut KBBI adalah penyajian sajak yang disertai lagu dan gaya. Orang yang mendeklamasikan puisi biasanya menghafal teksnya terlebih dahulu. Dalam mendeklamasikan puisi, kita memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang tepat. Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan.

Saat mendeklamasikan puisi, kita perlu memperhatikan mimik dan intonasi. Mimik adalah ekspresi penghayatan dari puisi yang dibacakan. Membacakan puisi harus memperhatikan gerak mimik. Gerak mimik digunakan untuk menunjukkan ekspresi atas penghayatan dari puisi yang dibacakan. Sedangkan intonasi merupakan naik turunnya nada dalam pembacaan puisi. Sama seperti unsur-unsur lainnya, intonasi juga tak kalah penting. Ini karena intonasilah yang akan menentukan bagaimana perasaan pendengar terhadap puisi dan akan memberikan keindahan pada puisi yang dibaca.undefined

Dengan demikian, intonasi adalah naik turunnya nada dalam pembacaan puisi. Mimik adalah ekspresi penghayatan dari puisi yang dibacakan.

BACA JUGA:   Contoh organ tubuh yang tersusun dari tulang rawan adalah?