Jelaskan pengaruh letak geografis terhadap kondisi iklim Benua!

Jelaskan pengaruh letak geografis terhadap kondisi iklim Benua :

  1. Afrika
  2. Amerika
  3. Eropa
  4. Australia

Pembahasan

Letak Geografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan kondisi aslinya dipermukaan bumi. Kondisi geografis suatu wilayah memberikan efek kepada kondisi iklim. Kondisi iklim beberapa benua yang dipengaruhi oleh kondisi geografis sebagai berikut :

  1. Benua Afrika
    Secara geografis wilayah Afrika terletak dikelilingi oleh dua samudera yaitu Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Secara kondisi wilayah Benua Afrika memiliki gurun yang luaa, kondisi ini juga memberikan pengaruh pada iklim wilayah. Berdasakan letak geografisnya wilayah Afrika memiliki iklim gurun dan iklim medeterania. Iklim gurun adalah iklim yang terjadi karena dipengaruhi oleh gurun yang luas ciri dari iklim ini adalah udara dan suhu tinggi, tingkat hujan rendah, dan dapat terjadi kemarau sepanjang tahun. Wilayah Afrika yang memiliki iklim gurun adalah wilayah Afrika Utara dan dan barat daya. Dan iklim mediterania berada di wilayah Afrika Utara. Iklim mediterania adala iklim yang dimiliki oleh wilayah yang berada di daerah cekungan.
  2. Benua Amerika 
    Secara geografis wilayah Amerika terletak pada di belahan bumi barat dan terletak antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik, serta terletak antara Samudera Arktik dan Samudera Pasifik. Pengaruh dari letak geografis ini menjadikan wilayah Amerika memiliki iklim kutub dan iklim gurun.
  3. Benua Eropa
    Secara geografis, terletak di sebelah Barat Benua Asia. Berdasarkan letak geografisnya kondisi iklim eropa adalah iklim kutub, iklim maritim.
  4. Benua Australia
    Secara astronomis wilayah Australia terletak dikelilingi oleh Samudera pasifik dan Samudera Hindia. Berdasarkan letak geografisnya wilayah Australia memiliki iklim gurun dan iklim maritim.
BACA JUGA:   Amanat merupakan pesan dari penyair kepada pembaca atau pendengar setelah memahami tema, bunyi, dan makna dalam puisi tersebut. Amanat dalam suatu puisi biasanya disampaikan secara?