Berikan 3 makna pokok dari surat ali imran ayat 190-191

Surah Ali-Imran merupakan surah ke-3 setelah Al-Fatihah dan Al-Baqarah dalam Al-Quran. Surah ini memiliki arti keluarga Imran dan tergolong dalam surah Madaniyah. Berikut kakak ulas pertanyaan yang adik ajukan beserta pertanyaan terkait lainnya.

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka (Q.s Ali imran ayat 190-191)

Berikan 3 makna pokok dari surat ali imran ayat 190-191!

3 Makna pokok dari surat Ali-Imran antara lain :

1.    Hanya orang-orang yang mau terbuka hatinya dan mempergunakan pikirannya untuk berpikirlah yang akan mengetahui tanda-tanda kekuasaan Allah SWT.

2.    Salah satu ciri orang beriman ialah dia yang mempergunakan akal pikirannya untuk senantiasa mengingat Allah SWT dalam keadaan apapun.

3.    Segala ciptaan Allah SWT tidak ada yang sia-sia.

Jelaskan perilaku terpuji berdasarkan surah Ali-Imran ayat 190-191!

Dalam penggalan surah Ali-Imran ayat 190-191, terdapat perilaku terpuji yang senantiasa harus dimiliki orang-orang berakal dan beriman. Yaitu perilaku yang senantiasa dalam setiap aktivitasnya, duduknya, bahkan dalam keadaan berbaringnya, ia memikirkan akan seluruh penciptaan yang terjadi di dunia ini. Baik dari penciptaan manusia, penciptaan langit dan bumi, dan segala penciptaan yang dapat dilihat dan dirasakan oleh manusia. Orang yang berakal dan beriman, tentulah meyakini bahwa Allah SWT merupakan dzat yang penuh akan kesempurnaan, dan tidak mungkin menciptakan segala sesuatunya dengan sia-sia.

BACA JUGA:   1 kg sama dengan berapa gram?

Sebutkan Asbabun Nuzul atau sebab turunya surah Ali-Imran ayat 190-191!

Asbabun Nuzul turunnya Surah Ali – Imran ayat 190-191 yaitu diawali oleh kedatangan orang–orang Quraisy ke kaum Yahudi. Kemudian mereka para kaum Quraisy bertanya mengenai bukti–bukti kebenaran yang dibawa nabi Musa dan bukti–bukti kebenaran yang dibawa nabi Isa. Kaum Yahudi pun menjawab bahwa tangan dan tongkat nabi Musa mampu bersinar putih, sedangkan nabi Isa mampu menyembuhkan mata buta, penyakit sopak, serta mampu menghidupkan orang yang sudah mati.

Kemudian orang – orang Quraisy mendatangi Rasulullah S.A.W seraya berkata “ Mintalah dari Tuhanmu agar bukit Safa itu menjadi emas untuk kami “ lantas Rasulullah berdoa dan turunlah surah Ali – Imran ayat 190 – 191

Jelaskan isi kandungan surah Ali-Imran ayat 190!

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,” (Qs. Ali-Imran 190)

Dari surah diatas, didapat isi kandungannya, yaitu bahwasanya ke-Agungan Allah SWT itu sangat besar dan luas. Seluruh ciptaan Allah mampu berjalan dengan tertib, teratur, rapi, dan begitu indah menunjukan betapa Maha Agungnya Allah SWT. Segala ciptaan Allah SWT hanya dapat diketahui bagi mereka orang-orang yang mempergunakan pikirannya untuk berpikir.

 

Semoga jawaban kakak dapat membantu, apabila masih terdapat pertanyaan yang lain, jangan ragu ajukan pertanyaanmu di Brainly ya.

Detail Tambahan

Kelas             : XI

Pelajaran       : B. Arab

Kategori         : Aqidah.

Kata Kunci     : Ali-Imran ayat 190-191, Terjemahan, Makna Pokok, Penjelasan perilaku terpuji, Asbabun Nuzul, Isi Kandungan.